Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemuda Kampung Baru Sirnoboyo Gelar Rontek Gugah Sahur, Ramaikan Suasana Ramadhan 2023

Maret 23, 2023 | Maret 23, 2023 WIB Last Updated 2023-03-23T05:25:36Z
Pacitan, Jawa Timur detiknewstv.com - Pada malam hari pertama menjelang puasa ramadhan, antusias dari pemuda lingkungan Kampung Baru, Sirnoboyo, Pacitan gelar rontek gugah sahur dengan mengelilingi lingkungan setempat.

Terlihat, dari sekelompok pemuda lingkungan tersebut begitu senang, karena pada malam hari pertama puasa ia bisa gelar rontek dengan banyak alat musik yang terdiri dari bambu yang pahat atau juga disebut rontek, gong satu pasang, kenong dan juga kendang.

Suparni selaku pemain kendang turut sampaikan, bahwa dengan menggelar rontek gugah sahur ini bisa membantu membangunkan warga masyarakat untuk melakukan makan sahur sebelum puasa disiang harinya.

"Saya beserta teman-teman pemuda keliling kampung setempat guna membangunkan warga masyarakat yang ingin makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa pada siang harinya," Katanya saat diwawancarai wartawan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Selanjutnya dia pun jelaskan dalam kegiatan rontek gugah sahur ini selain mendapatkan amal yang baik juga turut melestarikan adat dan budaya yang telah diwariskan oleh orang yang terdahulu.

"Kami hanya mengamalkan kebaikan, yaitu dengan cara membangunkan orang yang ingin berpuasa, dan juga kami turut lestari adat dan budaya yang audah diwariskan oleh orang-orang yang sudah mewarisi kita. Sehingga kami sebagai penerus harus, menjaga tradisi ini yang mungkin akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan disetiap tahunnya dibulan puasa khususnya," Pungkasnya.***



Reporter : Jefri Asmoro Diyatno
×
Berita Terbaru Update