Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Proyek Perbaikan Turap Saluran Penghubung di Duren Sawit Tidak Selesai Tepat Waktu

Juli 28, 2023 | Juli 28, 2023 WIB Last Updated 2023-07-28T06:11:30Z
Jakarta, detiknewstv.com - Proyek kontruksi perbaikan turap saluran penghubung anak kali Jati Kramat Jalan Lembah Lontar RW 09 Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, sampai batas waktu pelaksanaan 45 hari kalender pekerjaannya belum selesai. Namun dilokasi masih terlihat para pekerja melakukan aktivitas.

Perusahaan pelaksana yang dikerjakan oleh PT Prisma Askara Loka dengan nilai kontrak sebesar Rp.598.345.900 itu, mulai dilaksanakan tanggal 19 Mei 2023, seharusnya sudah selesai pada 2 Juli 2023.

Dari penelusuran pada situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)   https://lpse.jakarta.go.id/ tidak ditemukan adanya tender paket dengan kode rekening 5.1.02.03.04.0074  Belanja Pemeliharaan Bangunan Air-Bangunan Air Kotor Lainnya yang dimenangkan oleh PT Prisma Askara Loka.

Begitupula pada penelusuran di situs Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), PT Prisma Askara Loka yang berlokasi di Pakuwon Tower, Lt. 12 Unit B, Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet Jakarta Selatan, belum memiliki pengalaman pekerjaan.

Pelaksana proyek, Abdi, saat ditemui dilokasi pekerjaan mengatakan, mengklaim pekerjaan tersebut sudah selesai 100 persen dari tangga 23 Juli 2023 meskipun masih mengerjakan finishing. 

“Secara pekerjaan kita dari tanggal 23 sudah selesai, secara bobot 100 persen tanggal 23 sudah selesai, ini kan hanya tinggal finishing aja, kalo finishing kan tidak masuk bobot”, ujar Abdi, Kamis (27/7/2023).

Menurutnya, jadwal hari (Kamis, 27/7/2023) adalah pengecekan Kejaksaan Negeri dan Kasudin ke loakasi, namun karena permintaan pekerjaannya di full aci sehingga ditunda.

“Sebenarnya hari ini tinggal pengecekan aja, orang Kecamatan datang pengecekan segala macam, karena mereka mintanya di aci makanya diundur besok”, kata Abdi.

Ketika ditanya dalam papan proyek tertera pekerjaan harus selesai tanggal 2 Juli 2023, Abdi berkelit karena dalam pekerjaan dilokasi tersebut ada kendala.

“Iya kalau kendala-kendala segala macam ada pengawas, pengawas kan juga tau kendalanya apa kita sudah sampein, proses pekerjaannya tetap jalan”, sebut Abdi.

Selain tidak selesainya pekerjaan sampai batas waktu yang telah ditentukan didalam kontrak, tidak jauh dari lokasi pekerjaan tersebut terdapat turap yang kerusakannya lebih parah.

Namun hal itu tidak termasuk prioritas untuk dikerjaan terlebih dahulu sehingga timbul kecurigaan adanya kesalahan dalam membuat rencana umum pengadaan barang dan jasa.

Terkait hal tersebut, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, dikonfirmasi melalui pesan singkat dan panggilan telepon whatsapp, sampai berita ini ditayangkan belum memberikan jawaban.

Ket Foto : Papan proyek Belanja Pemeliharaan Bangunan Air-Bangunan Air Kotor Lainnya,  perbaikan turap saluran penghubung anak kali Jati Kramat Jalan Lembah Lontar RW 09 Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur (Kiri). Titik lokasi yang kerusakannya lebih parah dekat lokasi pekerjaan (kanan).

(Anto)

×
Berita Terbaru Update