Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tangkal Banjir di RT 08/06 Cilangkap, SDA Jaktim Benahi Saluran

Oktober 21, 2023 | Oktober 21, 2023 WIB Last Updated 2023-10-21T05:58:16Z


Jakarta, detiknewstv.com- Penataan kawasan pemukiman yang berpotensi langganan banjir musiman terus dibenahi Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta beserta jajarannya dan Sumber Daya Air Jakarta Timur.

Di Jakarta Timur misalnya, terpantau Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta sangat massif untuk memperbaiki turap.

Selain itu, juga dibangun saluran air dengan material yang kokoh.

Kondisi yang sama juga terpantau di hulu waduk Giri Kencana yang terbengkalai tepatnya di RT 08 RW 06, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung.

Letak pemukiman padat penduduk yang berbatasan langsung dengan Mabes TNI ini termasuk dataran rendah yang sering alami banjir. Maka dari itu, dilakukan perbaikan.

Warga menyambut baik pembangunan saluran air permanen ini. Diharapkan para warga, pembangunan ini nantinya bisa menanggulangi permasalahan banjir yang kerap terjadi saat musim penghujan.

Wawan Setiawan, Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Timur menyatakan, pekerjaan tersebut dipercayakan kepada CV Olivia Margaret.

Sedangkan, konsultan pengawasnya dipercayakan ke PT Arika Agung Primajaya.

Lokasinya berada di Jalan Sumur Manggis, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung. Total panjang saluran 991 m, terdiri dari
Uditch 40 x 40 cm: 542 m’. Uditch 60 x 60 cm : 422 m’, dan Box culvert 60 HD : 28 m’. Dengan waktu pelaksanaan 68 hari kalender.

Ditambahkan Kasi Pembangunan Tengku Saugi, kontrak ini di mulai 9 Oktober 2023 lalu. “Mudah mudahan tidak ada hambatan ya. mohon doanya,” katanya.

Suryana (56) warga dilokasi kepada Monitorindonesia.com, menyatakan bersyukur atas pembangunan saluran ini.

“Kebetulan emang rumah kami kan rendah, selama ini jadi langganan banjir. Namun dengan pembangunan ini mudah mudahan amanlah,” katanya.

Pun demikian Suryana meminta pemprov DKI Jakarta agar menyelesaikan waduk Giri Kencana di hilir.

“Kalau waduknya sudah selesai dan terkoneksi saluran permanen seperti ini pastilah pemukiman ini bebas banjir,” pintanya. 


Penulis : Anto

×
Berita Terbaru Update