Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PJ Gubernur Heru Budi Sidak Renovasi Kelurahan Palmeriam: Banyak yang Perlu Diperbaiki

November 02, 2023 | November 02, 2023 WIB Last Updated 2023-11-02T07:07:58Z

Jakarta, detiknewstv.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Kelurahan Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. Heru mengecek langsung progres renovasi gedung kelurahan itu.

Pantauan detiknewstv.com di lokasi, Kamis (2/11/2023), Heru tiba pukul 08.00 WIB. langsung disambut oleh Lurah Palmeriam Setiyawan.

Sesampai di lokasi, Heru langsung memperhatikan bagian lobi bangunan itu. Mimik wajah Heru tampak tak senang dengan beberapa bagian di ruangan itu.

Sambil berbicara dengan Setiyawan, Heru terlihat beberapa kali menunjuk ke arah AC dan guiding block yang dipasang hingga ke dalam ruangan.

"AC-nya nggak pernah dirawat," kata Heru kesal.

Heru kemudian berbicara mengenai besaran arus listrik di kantor tersebut. Dia meminta Setiyawan secepatnya menaikkan besaran arus listrik di kantor kelurahan yang tengah di renovasi itu.

"Pak lurah, panggil kontraktornya minta hari ini dinaikin daya. Masa kayak gini harus diajarin. Bapak bawa RAB, RAB daya suruh naik, bapak naikin dong," cecar Heru.

"Jangan bilang cukup-cukup. Cukupnya dari mana. Nanti karyawan bapak pasang kulkas, pasang rice cooker, pasang macem-macem, daya nggak naik, ribut lagi, saya nggak bisa pak," sambungnya.

Heru lantas meminta Setiyawan mengecek kembali rencana pembangunan yang telah disepakati. Dia mengatakan bakal menagih kembali perkembangan kenaikan daya listrik itu hari ini.

"Kesempatan untuk bangun kantor kelurahan hari ini, 10 tahun lagi bapak belum tentu bisa perbaiki dengan waktu yang terbatas," tegas Heru.

"Bapak panggil hari ini, siang saya telefon, masang daya besok pagi," tagihnya.

Heru melanjutkan sidaknya dengan menjajaki ruangan demi ruangan pada bangunan tiga lantai tersebut. Dia memperhatikan tiap detail pada bangunan itu mulai struktur bangunan hingga kerusakan kecil pada tembok ataupun material lainnya.

"Banyak yang harus diperbaiki. Perbaikan, terus posisi spek yang harus disempurnakan," kata Heru menjawab awak media yang bertanya soal hasil sidak.

Heru menuturkan, vendor bangunan bersedia bertanggung jawab dan akan memperbaiki kerusakan yang ada. Heru memberi tenggat waktu tiga untuk perbaikan bangunan itu.

"Nggak (akan di-blacklist), vendornya mau memperbaiki kok. Bu Kabag bakal mengawasi itu. Kan mereka siap untuk janji perbaikan," sebut Heru.

Heru mengatakan ke depannya dia bakal kembali melakukan pengecekan langsung ke kelurahan maupun sekolah yang tengah melakukan renovasi. Namun Heru tak merinci detail lokasi mana saja yang bakal disidaknya ke depan.

"Ini pertama, nanti besok saya dengan pak inspektur ke sekolah, semua. Ada (list-nya), inspektur keliling kita," kata Heru.

Diketahui renovasi Kantor Kelurahan Palmeriam dimulai pada Agustus tahun ini dan direncanakan rampung pada Desember. Adapun renovasi itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar.

"Tadi sudah sidak oleh Pak PJ Gubernur, dari direktorat nanti dari pelaksana akan memperbaiki apa yang kurang tadi menjadi catatan," ucap Lurah Palmeriam, Setiyawan.

Dia mengaku pembangunan kantor kelurahan itu memang belum rampung. Kendati begitu dia menyatakan akan memperbaiki seluruh catatan yang diberikan Heru.

"Insyaallah mudah-mudahan nanti pelaksana bisa menyelesaikan perbaikannya," pungkasnya.


Penulis : Sailuddin

×
Berita Terbaru Update