Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Humas Proyek PLTM Warungkiara Enggan Memberikan Keterangan Saat di Konfirmasi Penggunaan BBM

November 07, 2023 | November 07, 2023 WIB Last Updated 2023-11-07T02:23:32Z
Sukabumi, detiknewstv.com-pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) yang berlokasi di kampung cinutug desa bojongkerta kecamatan Warungkiara kabupaten sukabumi Jawa Barat, saat ini baru proses cut and fil. 

Terlihat di lokasi proyek beberapa alat berat excavator, buldozer serta lalu lang nya dumtruk si sekitaran cut and fil proyek PLTM. 

Saat tim awak media menelusuri proyek tersebut pada hari selasa 31/10/2023,nampak beberapa pekerja mulai dari teknisi dan tukang berkecimpung melaksanakan pekerjaan nya sesuai dengan  keahlian dan tugasnya Masing-masing.ada yang menarik disini, ketika awak media menemui humas perusahaan (proyek) guna untuk konfirmasi perihal Bahan bakar minyak (BBM) untuk operasional alat alat berat tersebut. Pihak dari humas tidak memberikan jawaban yang detail, dengan alasan tidak tau menau

"Trimakasih buat rekan rekan media yang sudah hadir dan bisa silaturahmi, akan tetapi mohon maaf untuk pertanyaan rekan rekan perihal BBM jenis solar untuk pembelian dan pemasok darimana saya sebagai humas tidak tau apa apa. ada yang lebih hak menjelaskan yaitu pihak perusahaan(proyek) langsung saja nanti dan coba saya pertemukan".jelasnya riyadi humas proyek PLTM. 

Selang seminggu kemudian ada jawaban yang lucu,yang tadinya minta keterangan dari pihak perusahaan (proyek),yang terjadi di suruh komunikasi dengan sesama awak media, dari pesan singkat watsapp yang isinya. 

"Selamat siang kang Hilman , mengenai konfirmasi kemarin, karena kami masihdi jakarta, kang Hilman saya hubungkan dengan rizal+62 812-1924-1682, dia tergabung di jurnalis Sukabumi bersatu , dan katanya kenal dengan kang. Hilman

"oh Mohon maaf pak hilman, karena kami tidak dilokasi, bukan berarti kami melemparkan masalah ini, karena memang media warungkiara juga ada peranan kekita , dan katanya kang rizal keenal dengan pak hilaman, maksud kami  supaya ada komunikasi antara sesama media,  Mohon maaf bila ada kesalahan Langkah dari kita"katanya lewat pesan watsapp.Senin 06/11/2023

Posisi pekerjaan hubungan masyarakat atau yang dikenal sebagai humas (public relation) merupakan suatu bagian, divisi, atau organisasi yang mengumpulkan, mengelola, dan menyebarkan informasi atau memberikan komunikasi yang baik kepada publik. Selain itu, humas juga dapat diartikan sebagai seni yang mengolah informasi dan bisa meningkatkan kepercayaan informasi terhadap sebuah perusahaan.

Selain dari tugas humas wajib memeberikan informasi detail ke. Pihak awak media dalam hal ini kontrol sosial. sesuai dengan undang undang KIP (keterbukaan informasi publik) 
UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk: 
a. menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik; 

Jelas apabila ditemukan dugaan 
Penyalahgunaan BBM bersubsidi ini adalah tindak pidana sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Pasal 53 sampai dengan Pasal 58, dan diancam dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp. 60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah), serta pidana tambahan berupa pencabutan hak atau perampasan barang yang digunakan untuk  atau yang diperoleh dari tindak pidana dalam kegiatan usaha minyak dan gas bumi.


Penulis : Hilman
×
Berita Terbaru Update