Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Proyek Berbiaya Puluhan Miliar Bagaikan Proyek Siluman di Kota Bekasi

November 30, 2023 | November 30, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T10:49:26Z
Kota Bekasi, Detiknewstv.com-Diduga banyak proyek siluman di Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, seperti halnya Pekerjaan Sheet Pile Jalan Alinda dan Lanjutan Pelebaran Jalan Pangkalan 2 Tahap 3 Sumur Batu (SILPA BKK DKI Jakarta TA 2022). diduga kuat biaya proyek tersebut menelan anggaran Puluhan Milyar.

Terkesan antara Dinas dan Kontraktor sepertinya kongkalikong dalam mengerjakan proyek. Hal ini terlihat antara pengawas dan konsultan pengawas tutup mata.
Berdasarkan informasi dari salah satu pekerja, ketika ditanya Papan Proyek, belum dikasi dari dinas pak (tandasnya). Karena tidak adanya Papan Proyek tersebut, sehingga terkesan proyek itu proyek siluman.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Solihin selaku Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga dan Sumbar Daya Air (BMSDA) dan Idi selaku Sekretaris Dinas (Sekdis), serta Subrin selalu Kabid Dinas Bina Marga dan Anjar Kabid Sumber Daya Air (SDA) Kota Bekasi melalui WhatsApp namun tidak menjawab, alias diam seribu bahasa. 

Oleh karena itu diminta Pj. Walikota Bekasi supaya turun ke Dinas BMSDA pada jam kerja untuk menyaksikan, bahwa petinggi Dinas BMSDA tidak pernah berada di tempat sehingga R. Gani Muhamad tau percis karakter bawahannya.

Sehingga diduga Proyek tersebut dikendalikan Satu perusahaan (satu Kontraktor) dan kami juga sudah melakukan Investigasi dan observasi di lapangan, namun sampai hari ini tidak pernah bertemu dengan Konsultan, Pelaksana Teknis maupun konsultan pengawas.

Seharusnya pelaksana teknis dan konsultan pengawas harus melakukan teguran kepada pihak kontraktor, agar segera menempelkan papan nama proyek. Pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah berlangsung satu bulan namun tidak dilengkapi papan proyek.

Hal ini jadi pertanyaan bagi masyarakat akibat kurang pengawasan dari pihak dinas, sehingga pekerjaan di lapangan sering terindikasi pengurangan volume serta menghilangkan sebagian item yang telah tercantum di dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang diduga tidak sesuai spek.

Seperti contoh kecil, tidak adanya Papan Nama, K3, Rambu2 di lapangan, keselamatan kerja yang telah tercantum yang telah dianggarkan dan tertuang di RAB.
Diharapkan keseriusan pengawasan dan pengontrolan dari pihak dinas instansi terkait, sehingga pekerjaan tersebut bisa tercipta yang sebenar-benarnya, sesuai rancangan anggaran biaya tersebut.

Juga sangat berharap supaya terjun langsung pengawas dari pihak Pj Walikota Bekasi dan teamnya selalu meninjau kinerja pengerjaan setiap pembangunan Dinas BMSDA mulai dari yang terkecil hingga proyek terbesar di Kota Bekasi.

Sehingga kinerja pembangunan di Kota Bekasi bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya dan tidak sembarangan atau asal jadi, harus sesuai dengan spek yang tertuang di dalam rancangan anggaran biaya atau kerangka acuan kerja tersebut.
Dugaan royek siluman ini terletak di Rawa Silem Rt 006 /Rw 012 Kelurahan Kali Abang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.


Penulis : Anto.s
×
Berita Terbaru Update