Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Aksi Demonstrasi Cipayung Plus Pekanbaru Memprotes Dugaan Korupsi Indra Pomi Nasution Dalam Proyek Waterfront City Kabupaten Kampar

Juli 12, 2024 | Juli 12, 2024 WIB Last Updated 2024-07-12T00:04:51Z
Pekanbaru, DetikNewstv.com-Cipayung Plus Pekanbaru yang terdiri dari berbagai organisasi mahasiswa diantaranya Hima Persis, KAMMI, GMNI, GMKI, dan IMM, hari ini mengadakan aksi demonstrasi di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau. Aksi ini merupakan lanjutan serta reaksi terhadap laporan dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan Jembatan Waterfront City di Kabupaten Kampar yang telah mereka ajukan sebelumnya di Kejati Riau (Senin/8/7/2024).

Laporan yang menyoroti dugaan keterlibatan Indra Pomi Nasution tersebut, yang saat proyek berlangsung menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kampar, dalam memenangkan PT Wijaya Karya dalam lelang pembangunan jembatan tersebut. Proyek ini didanai oleh APBD tahun 2015-2016 dengan skema Multi Years Contract (MYC). Akibat perbuatan Indra Pomi Nasution dan beberapa pihak lainnya, negara dirugikan sebesar Rp50.016.543.630,73 sesuai dengan Laporan Hasil Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara oleh BPKP Nomor: SR-1425/D5/01/2020 tanggal 20 Oktober 2020.

Saat ini, Indra Pomi Nasution menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru. Dalam aksi demonstrasi ini, Cipayung Plus Pekanbaru menyerukan kepada Kejaksaan Tinggi Riau untuk segera mengusut kembali kasus ini dan mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi ,kamis 11/07/24.

Rahmat, Ketua GMNI Pekanbaru sekaligus Koordinator Lapangan Aksi Demonstarasi tersebut menegaskan, "Korupsi adalah penyakit yang harus diberantas. Kami meminta Kejaksaan Tinggi Riau untuk bekerja dengan transparan dan tegas dalam mengusut kasus ini. Kami siap berdiri di garis depan untuk mengawal proses hukum ini hingga tuntas."

Feriyandi, Ketua GMKI Pekanbaru, lebih lanjut, "Tindak pidana korupsi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kami menuntut keadilan dan transparansi dalam penanganan kasus ini. Indra Pomi Nasution harus diberi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. Aksi kami hari ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam memberantas korupsi."

Athla Aditya, Ketua Hima Persis Pekanbaru, menyatakan, "Kami tidak bisa diam melihat kejahatan korupsi yang merugikan rakyat dan negara. Kami mendesak Kejaksaan Tinggi Riau untuk segera memproses kasus ini dan menindak tegas Indra Pomi Nasution yang telah mengkhianati kepercayaan publik. Kami akan terus mengawal kasus ini hingga keadilan ditegakkan."

Arif Nanda, Ketua KAMMI Pekanbaru, "Pemberantasan korupsi harus dilakukan dengan serius dan tanpa pandang bulu. Indra Pomi Nasution harus bertanggung jawab atas perbuatannya. Kami akan terus menggelar aksi damai untuk memastikan kasus ini tidak diabaikan. Agar Pekanbaru selesai dengan masalah sampah, banjir dan jalan rusak maka jangan sampai ada pejabat yang memiki trac record kasus korupsi maka sudah seharusnya Sekda Indra Pomi di copot dari jabatannya" Tegas nya saat orasi di depan gedung Kejati Riau. 

Donal, Ketua IMM Pekanbaru, menekankan, "Korupsi adalah musuh bersama yang harus kita lawan. Kami mendesak Kejaksaan Tinggi Riau untuk segera mengambil tindakan konkret terhadap Indra Pomi Nasution. Kami akan terus mengadakan aksi dan kampanye untuk memastikan keadilan ditegakkan."

Dalam aksi demonstrasi ini, Cipayung Plus Pekanbaru secara simbolis memberikan plakat kepada pihak Kejaksaan Tinggi Riau. Plakat tersebut melambangkan tuntutan untuk mengembalikan uang negara yang telah dikorupsi dalam kasus ini. Tuntutan dari Cipayung Plus Pekanbaru juga telah diterima oleh pihak Kejaksaan Tinggi Riau dengan harapan untuk segera mengawal kembali kasus ini dan memastikan proses hukum berjalan dengan adil dan transparan.


( Tim)
×
Berita Terbaru Update