Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolsek Kramatjati Berikan Penyuluhan Hukum dan Bahaya Tawuran di Global Islamic School

Juli 30, 2024 | Juli 30, 2024 WIB Last Updated 2024-07-30T05:13:40Z
Jakarta, DetikNewstv.com-Kepala Kepolisian Sektor Kramatjati Kompol Tuti Aini SH, MSI kembali memberikan  penyuluhan bahaya tawuran di Sekolah. Kali ini bimbingan dan penyuluhan (binluh) tersebut dilaksankan di Sekolah Global Islamic School, pada Selasa (30-07-2024).

Kegiatan penyuluhan dalam program “Senin Pintar” ini merupakan implementasi dari Program Mantap dan Taktis Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipary SIK, MH, MSI untuk menjadikan siswa yang anti tawuran.

Dalam penyuluhan itu, Kapolsek Kramatjati mengajak agar para siswa untuk menghindari tawuran atau perkelahian antar siswa dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah pada saat pulang sekolah.

“Diharapkan para siswa setelah pulang sekolah agar pulang kerumah masing-masing guna tidak terjadinya tawuran antar sekolah yangg sedang marak saat ini,” imbuh Kapolsek yang menjadi pembina upacara bendera.

Menjadi pelaku tawuran tegas Kapolsek, pihak kepolisian tidak aka segan-segan untuk mengambil tindak tegas kepada siapa saja pelajar yang terlibat melakukan tawuran.

Menjadi seorang siswa lanjut Kapolsek, pelajar harus taat mengikuti segala bentuk peraturan sekolah, dan selalu rajin belajar untuk mengapai cita-cita sehingga kelak dapat membanggakan diri, orang tua, maupun sekolah.

“Dilarang melakukan bullying atau perundungan baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Wajib mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalulintas kepada siswa/siswi. Dan hindari kekerasan di lingkungan Sekolah,” imbuh Kapolsek Kramatjati.

Dijelaskan Kapolsek, penyuluhan ini dilakukan untuk mengedukasi siswa sejak dini mengenai peran polisi yang ramah anak, dan memiliki dampak positif yang signifikan dalam membentuk pandangan dan perilaku anak-anak terhadap aparat penegak hukum.

Edukasi dini juga kata Kapolsek dapat memberikan beberapa manfaat penting antara lain, untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan dan ketertiban.

Dengan memahami peran polisi, anak-anak belajar tentang pentingnya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Mereka diajarkan untuk menghargai aturan, memahami rambu-rambu lalu lintas, dan mengenali situasi berbahaya.

“Pengetahuan ini tidak hanya membuat mereka lebih waspada tetapi juga membantu mereka berperilaku lebih aman dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Kapolsek.

Selain itu kata Kapolsek, dengan giat ini dapat mendorong sikap hormat dan kepedulian terhadap hukum.

Edukasi mengenai peran polisi juga menanamkan nilai-nilai penghormatan terhadap hukum. Anak-anak belajar bahwa hukum ada untuk melindungi dan mengatur masyarakat agar hidup dalam harmoni.

“Sikap hormat ini diharapkan akan terbawa hingga dewasa, membentuk individu yang patuh hukum dan bertanggung jawab,” harapnya.

Kemudian dengan penyuluhan ini dapat membentuk karakter yang baik. Polisi sering kali menjadi panutan dalam hal keberanian, kejujuran, dan tanggung jawab. Dengan mengenal polisi yang ramah anak, anak-anak dapat mengambil teladan dari sifat-sifat positif ini.

Edukasi sejak dini tentang peran polisi membantu membentuk karakter anak yang berani, jujur, dan bertanggung jawab.

Dan tak kalah penting, edukasi ini juga berrujuan dan bermanfaat untuk menghilangkan rasa takut terhadap polisi.

Banyak anak-anak yang merasa takut atau cemas saat melihat polisi, sering kali karena cerita atau pengalaman negatif yang didengar dari lingkungan sekitar. Edukasi sejak dini dapat membantu menghilangkan ketakutan ini dengan memperkenalkan polisi dalam konteks yang positif dan ramah.

Melalui kegiatan interaktif dan penyuluhan, anak-anak dapat memahami bahwa polisi adalah teman yang siap membantu dan melindungi mereka.


Sekedar diketahui, selain Kapolsek Kramatjati Kompol Hj.Tuti Aini SH, MSI dalam giar Senin Pintar ini hadir juga Waka Polsek Kramatjati, Kanit Binmas, Kanit Patroli, Panit Reskrim, Babinkamtibmas, Babinsa serta Kepala Sekolah SMU dan SMP Glibal Islamic School dan para guru dan pengurus yayasan Global.


( Anto)
×
Berita Terbaru Update