Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Datuk Sati Diraja Rantaubaru dan Rombongan Lakukan Kunjungan Muhibbah dan Studi Komparatif ke Sumatra Barat.

Agustus 05, 2024 | Agustus 05, 2024 WIB Last Updated 2024-08-05T00:49:01Z
Pelalawan, DetikNewstv.com-Pemangku adat dalam naungan payung Datuk Sati Diraja/Batin Sibokol-Bokol Rantaubaru Kabupaten Pelalawan lakukan kunjungan Muhibbah dan Studi komparatif ke Kerapatan Adat Nagari(KAN) Koto Nan Gadang Payakumbuh Sumatra Barat. Sabtu, 03/08/2024.

Sebelum pertemuan resmi di lakukan dengan pengurus KAN Koto Nan Gadang, Datuk Sati Diraja/Batin Sibokol-Bokol, Dr H Griven H Putra MAg dan Rombongan, Dt Sarikoto (Erwanto), Dt Majosindo' ( Marjohan), Dt Paduko Momat (Afrizal), Dt Paduko Suanso Rusli dan pemangku adat lainnya, melakukan kunjungan ke Kampung Adat Balai Baliki, Bersilaturahmi dengan Dt, Bijo Rajo Hitam dan melakukan temu ramah di Rumah Gadang Raja Babanding. 

Dt, Bijo Rajo Hitam mengatakan"Mande Soko pemilik rumah Godang Raja Babanding adalah Polwan pertama di Sumatra Barat.

Setelah pertemuan selesai, Dt Sati Diraja /Batin Sibokol-Bokol  Rantaubaru dan Rombongan langsung menuju ke Balai KAN Koto Nan Gadang dan melewati beberapa tempat lainnya" Lumbung padi balirik dan Rumah-rumah adat lainnya.

Dihalaman balai Koto Nan Gadang kelurahan Balai Tongah Koto, Dt Sati Diraja Rantaubaru dan rombongan di sambut meriah dengan upacara persembahan menurut adat di sana, dan mereka diiring memasuki Balai KAN Koto Nan Gadang, sekaligus melakukan silaturahmi dan dialog, dan dibuka oleh Ketua KAN Koto Nan Gadang, Dt, Mangkuto Nan Putiah,,Eldi Yusri, dan dilanjutkan Bundo Kandung Balai KAN Koto Nan Gadang.

Datuk Mangkuto Nan Putiah, mengucapkan terimakasih kepada Dt, Sati Diraja Rantaubaru dan rombongan kiranya telah menyempatkan diri mengunjungi Rumah-rumah adat yang berada di Sumatra Barat ini, dan juga mohon maaf kiranya sambutan yang kurang baik dari kami"Ungkapnya.

Dt, Mangkuto Nan Putiah,Eldi Yusri S.Pd juga mengucapkan terimakasih kepada Ninik mamak dan Bundo Kandung yang telah mempersiapkan segala sesuatunya di acara tersebut.

Dt Mangkuto Nan Putiah juga memperkenalkan para pengurus KAN Koto Nan Gadang, seperti Dt Rajo Hitam, Datuk-Datuk lainnya, Ketua Bundo Kandung, Refni Erlita, S.Pd dan Bundo -Bundo lainnya.

Ketua Bundo Kandang Refni Erlita S.Pd memperkenalkan Bundo -Bundo Kandung disana sebanyak lebih kurang 60 Orang, Juga mengucapkan selamat datang kepada Dt.Sati Diraja Rantaubaru dan Rombongan,"Semoga silaturahmi kita ini bisa berjalan dengan baik, dan secara terus-menerus"tutupnya.

Datuk Sati Diraja/ Batin Sibokol-Bokol Rantaubaru Dr.H Griven H Putra dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yaitu : 
1. Mengucapkan terimakasih kepada KAN Koto Nan Gadang yang telah menerima kehadiran kami dengan baik.
2. Memperkenalkan pemangku adat dalam payung panji Datuk Sati Diraja Rantaubaru 
3. Kerjasama pada masa mendatang, seperti apa program kerja KAN Koto Nan Gadang dan bagaimana hubungan dengan pihak Agamawan dan pemerintah dan lain-lain.

Datuk Sati Diraja/Batin Sibokol-Bokol Rantaubaru juga menyampaikan beberapa programnya seperti Festival Adat, Rumah cerdas dan pengajuan Hutan Adat lainnya.
"Tentang hutan Adat ini, kita sudah melakukan berbagai upaya seperti pengajuan hal tersebut kepada kementerian KLHK RI di Jakarta beberapa waktu lalu. Kita sampai saat ini sedang menunggu hasil tersebut," ucap Dr.Griven.

Dan seterusnya, Sesi tanya jawab antara Dt. Sati Diraja/Batin Sibokol-Bokol Rantaubaru dan  juga dari pihak KAN Koto Nan Gadang, dan diakhir kegiatan, dilaksanakan penyerahan cenderahati antara Datuk Mangkuto Nan Putiah dan Datuk Sati Diraja/ Batin Sibokol-Bokol Rantaubaru dan Foto bersama di halaman Balai KAN Koto Nan Gadang.


( Zurwanto)
×
Berita Terbaru Update