Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Forkopimko Jakarta Timur Gelar Dialog Interaktif Biskota (Bincang Seputar Kota) Dalam Pencegahan Tawuran

Agustus 08, 2024 | Agustus 08, 2024 WIB Last Updated 2024-08-08T05:49:50Z
Jakarta, DetikNewstv.com-Forum koordinasi pimpinan kota (Forkompimko)  Jakarta Timur,  membahas soal pencegahan dan penanganan kasus tawuran. Kegiatan yang dikemas dalam program Bincang Seputar Kota ini disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Acara ini dibuka Wali Kota Muhammad Anwar dengan narasumber Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, Dandim 0505 /Jakarta Timur Kolonel Suyikno dan Kajari Jakarta Timur Imran, dengan moderator AKP Sri Yatmini, Kanit PPA Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur. Rabu (07/08/2024) sore.

Dialog dengan tema "Menjaga Damai di Timur Jakarta" dihadiri jajaran Sudin Pendidikan, Kesbangpol, TNI, Polri, Aparatur Kelurahan dan Kecamatan, FKDM, pengurus RT/RW, LMK, hingga pelajar dan unsur terkait lainnya.

Menurut Anwar, jajaran Forkopimko telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kasus tawuran di Jakarta Timur, di antaranya melakukan sosialisasi antisipasi tawuran di sekolah, mengaktifkan siskamling dan mendirikan posko di titik rawan tawuran.

Namun Anwar menjelaskan, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk membantu mengatasi kasus tawuran ini.

"Pihak Kelurahan dan Kecamatan, FKDM, tokoh masyarakat, tokoh agama sangat dibutuhkan untuk mengedukasi soal dampak dari tawuran baik secara agama maupun kenegaraan agar mereka mengerti," papar Anwar

"Jajaran Forkopimko akan terus concern menciptakan iklim kondusif di Jakarta Timur," tegasnya.

Sementara, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly menjelaskan, ada dua jenis tawuran yang terjadi selama ini. Yakni tawuran antar masyarakat dan antar gank.

Dalam upaya preventif mengatasi tawuran antar warga, pihaknya membuat jejaring sosial antara aparat  penegak hukum dengan ketua RT yang teridentifikasi warganya terlibat tawuran.

"Melalui jejaring sosial ini kita berharap para ketua RT dapat selalu memberikan informasi ke Kepolisian terkait warga yang akan melakukan tawuran," katanya.

Kemudian, mengenai tawuran antar gank agak sulit bagi Kepolisian untuk penanganan. Karena mereka berkomunikasi melalui media sosial untuk mengatur strategi dan perjanjian.

"Kami sudah berupaya melakukan pencegahan dengan melacak dan masuk media sosial mereka maupun akunnya,"ucap Kapolres.

Selain itu sambung Kapolres, pihaknya juga sudah membangun pos pantau di titik rawan tawuran dan melakukan kerjasama dengan rumah saki untuk koordinasi apabila ada pelaku tawuran yang dirawat.  

"Terkadang mereka mengaku menjadi korban begal agar terbebas dari biaya perawatan atau pengobatan," tandasnya.

Di penghujung acara seluruh peserta mengucapkan ikrar yang intinya berisi :

 " Kami Forkopimko Jakarta Timur bersama seluruh elemen masyarakat berkomitmen : mewujudkan kedamaian persatuan dan kesatuan serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jakarta Timur .
" Stop tawuran Jakarta Timur damai
Sukses Jakarta untuk Indonesia"


( Anto)
×
Berita Terbaru Update