Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Forum Silaturrahim Alumni IPDKK Taja Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1446 H di Mesjid Nurul Falah Desa Rantaubaru

September 17, 2024 | September 17, 2024 WIB Last Updated 2024-09-17T05:49:59Z
Pelalawan,DetikNewstv.com-Forum Silaturrahim Alumni Ikatan Pelajar Daarun Nahdhah Kampar Kiri Kampar Kanan (IPDKK) kembali laksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Kegiatan sekali ini dilaksanakan di Desa Rantaubaru Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Di mana diketahui bahwa organisasi ini merupakan organisasi sosial yang anggotanya merupakan orang-orang yang pernah menuntut ilmu di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Mereka berasal dari daerah Sungai Kampar Kanan (mulai dari Tanjung Kedoghang ke hilir), dan Kampar Kiri (daerah Lipatkain dan sekitarnya), Kabupaten Pelalawan sekitarnya, dan dari wilayah Sungai Kuantan-Singingi sekitarnya.

Para anggota Alumni IPDKK yang kini sudah menjadi tokoh masyarakat di tempat masing-masing ini telah melakukan berbagai kegiatan sejak terbentuk beberapa tahun lalu. Selain mengadakan peringatan hari-hari besar Islam dan bersilaturrahim dengan masyarakat tempat dilaksanakan kegiatan, mereka juga mengadakan silaturrahim sesama alumni karena sudah sekian lama tak bertemu, dan juga melakukan musyawarah anggota tentang langkah-langkah positif dalam menatap masa hadapan.

“Ini semacam reuni juga bagi anggota alumni atau anggota forum silaturrahim IPDKK,” ungkap Dr H Griven H Putera selaku ketua Forum Silaturrahim Alumni IPDKK kepada awak media seusai peringatan maulid Nabi Muhammad Saw 1446 H di masjid Nurul Falah Desa Rantaubaru, Ahad (15/09/24)   

Saat peringatan Maulid Nabi berlangsung dilaksanakan serangkaian acara, seperti tausiah agama, perkenalan anggota Alumni Forum Silaturrahim IPDKK, penampilan baca sholawat oleh anak-anak SDN 001 Rantaubaru, musayawarah anggota Alumni IPDKK, dan lain-lain.

Pemberi tausiah atau penceramah pada kegiatan ini adalah Ustaz Drs H Umar Satun yang merupakan alumni senior IPDKK yang sehari-hari mengabdikan diri di Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan. Acara ini diakhiri doa yang dipandu Ustaz Fadhli Rahman, MPdI.

Pada musayawarah anggota diperoleh beberapa kesepakatan dan keputusan, di antaranya nama Alumni IPDKK diubah menjadi Forum Silaturrahim IPDKK, dan pengurus yang lama dilanjutkan untuk memimpin roda organisasi ke depan, dengan menambah komisariat dari masing-masing wilayah, seperti dari wilayah kabupaten Pelalawan terpilih Budi Hartoyo SH sebagai ketua dan Jhonni Afrizal SE sebagai sekretaris. Sedangkan komisariat Kampar Kanan, Kampar Kiri dan Kuantan Singingi akan dikomunikasikan kembali dengan anggota yang berasal dari wilayah tersebut.

Kegiatan ini diramaikan masyarakat Desa Rantaubaru yang antusias memadati masjid. Sebelum kegiatan berlangsung para tamu dijamu makan siang di rumah Datuk Paduko Momad (Dt Afrizal) dan rumah Mantan Sekdes Rantaubaru, Alm Rudi Hartono atau rumah Ibu Fatimah Syam.   
Norzikri Anton, Kepala Desa Rantaubaru menyampaikan terima kasih kepada para tamu undangan. “Alhamdulillah peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Rantaubaru yang ditaja Forum Silaturahim IPDKK berjalan dengan khidmat. Mewakili seluruh masyarakat Rantaubaru mengucapkan ribuan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh abang-abang dan kakak-kakak kami yang tak dapat kami sebutkan satu persatu,” ungkap salah seorang alumni IPDKK ini. 

Sekretaris Alumni IPDKK, Herianto, SAg menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Rantaubaru yang menyambut hangat kedatangan alumni IPDKK.

“Terima kasih banyak kepada warga Rantaubaru yang telah menyambut dengan kehangatan dan kekeluargaan. Semoga warga Rantaubaru dimurahkan rezeki dan diberi kesehatan selalu oleh Allah Swt,” ungkap guru SMAN Kuok Kabupaten Kampar ini.

“Selalu ada ruang rindu untuk kembali ke Rantaubaru,” lanjut lelaki yang berasal dari Kuala Panduk Kabupaten Pelalawan ini.

Sementara Wakil Bendahara Alumni IPDKK Ramziah SPd menyampaikan, “Saya atas nama forum dan atas nama pribadi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas sambutan, layanan yang ramah tamah serta antusiasnya sambutan warga. Terima kasih yang tak terhingga atas sambutan, layanan yang ramah tamah serta antusiasnya sambutan warga. Terima kasih dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada tingkah laku yang kurang pada tempatnya,” ungkap mantan Kepala SMAN 1 Langgam ini.  

Salah seorang alumni IPDKK, Tuti Murni, SPd merasa senang dengan kegiatan ini karena disambut warga dengan antusias dan ramah tamah. “Indahnya alam Rantaubaru yang begitu mempesona, dengan rumah penduduk yang masih alami, penduduk dengan ramah tamah menyambut kedatangan kami. Di sini kami mendapat keluarga baru dan pengalaman baru,” tutur yang merupakan guru PNS di Siak Hulu Kabupaten Kampar ini.

Seusai kegiatan Peringatan Maulid Nabi, beberapa orang anggota Forum Silaturrahim IPDKK, seperti Akhtar SE (Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan), Asy’ari, SH (Kabid Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan), Hj Khodijah (bendahara Forum Silaturrahim Alumni IPDKK), Adi Sumatri SE, Hasan Basri SPd, Khairuman SPd dan lain-lain menikmati Pulau Pasir Merah saat dilindas pasang. Sebagian mereka pun menaiki perahu motor mengunjungi Danau Sepunjung di seberang desa Rantaubaru.

Salah satu keunikan danau ini, di samping alamnya yang masih asri dan indah sebagai tempat masyarakat mencari nafkah, juga terdapat pepohonan sialang tempat lebah bersarang, dan menjadi lokasi salah satu cerita rakyat kabupaten Pelalawan, yaitu Suak Air Mengubuk.

(Zur)
×
Berita Terbaru Update