Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berpotensi Terjadi Kerugian Negara ” Kegiatan Penataan RTH Makam di TPU Budidharma Dipertanyakan

Oktober 24, 2024 | Oktober 24, 2024 WIB Last Updated 2024-10-24T12:14:32Z
Jakarta, DetikNewstv.com-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara telah mengalokasikan Penataan RTH Makam di TPU Budidharma Semper Timur Kecamatan Cilincing Jakarta Utara Tahun Anggaran 2024.

Diketahui anggaran yang dialokasikan sebesar Rp.2.759.690.136.
Kontraktor Pelaksana, PT.Menteng Jaya Konstruksi: Nomor SPK 1413/PN.01.02, Dengan waktu pelaksanaan 105 hari kalender.

Selaku perencana kegiatan Penataan RTH Makam TPU Budidharma PT.Karya Yasa Cipta Consult dan Konsultan pengawas PT.Geja Cahaya Mandiri.

Pantauan,detiknewstv.com dilokasi TPU Budidharma diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan gambar perencanaan. 

Untuk Pekerjaan Pasangan batu drainase dipertanyakan dan sarat dengan penyimpangan ditemukan kejanggalan dimulai dari pasangan batu kali. Antara Lain: 

1) untuk campuran adukan semen, pasir tampak dilokasi menggunakan air kali dan bukan menggunakan air Pam dan dipertanyakan kualitasnya. 

2) Kemiringan turap tidak sesuai dengan gambar termasuk pemasangan suling-suling asal-asalan guna tujuannya untuk menghindari longsor dan pergeseran tanah.

Untuk Pekerjaan jalan K-300, diduga tidak sesuai dengan gambar perencanaan.

Tampak dilokasi maupun jalur pekerjaan jalan diduga terjadi pengurangan volume (lebar), baik dari sisi kiri dan sisi kanan jalan. 
1) tampak sebahagian pengecoran  yang dikerjakan hanya dengan Lebar: 3,55 cm dan t: 20 cm.Dan sisanya patut dipertanyakan.

Pantauan dilapangan saat mencoba mempertanyakan, kepada sejumlah pekerja Namun sangat disayangkan tidak seorangpun pekerja memberikan jawaban.

Ketua Harian LSM-Antara Anton P angkat bicara,  akan menyurati Inspektorat dan Aparat Penegak Hukun supaya kegiatan tersebut ditinjau kembali sebelum dibayar,” tegas Anton P. kepada sejumlah awak media di TPU Budidarma.Kamis (24/10/24).

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Christian tidak berhasil dikonfirmasi.Kamis (24/10/24).

Hal yang sama juga dengan kontraktor pelaksana PT.Menteng Jaya Konstruks dan juga Selaku perencana kegiatan Penataan RTH Makam TPU Budidharma PT.Karya Yasa Cipta Consult dan Konsultan pengawas PT.Geja Cahaya Mandiri, tidak berhasil dihubungi.Kamis, (25/10/2024).


( Tim )
×
Berita Terbaru Update