Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Bank Sampah Digital E-Bas Bagi Pengurus BSU Rw 02 Berkah Sejahtera Desa Rawa Panjang Kabupaten Bogor

Oktober 18, 2024 | Oktober 18, 2024 WIB Last Updated 2024-10-18T10:45:55Z
Kab Bogor, DetikNewstv.com-Sesuai kesepakatan bersama antara pengurus Bank Sampah Rw02 Berkah Sejahtera dengan Tim PkM FT USNI, maka pelaksanaan kegiatan ke 3 dan ke 4 akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa yaitu tanggal 14 & 15 Oktober 2024

Kegiatan tersebut dimulai jam 08.30 hingga jam 12.00 berlokasi di BSU Rw02 Berkah Sejahtera Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Bogor.

Kegiatan ke-3 sekaligus ke-4 oleh Tim PkM Fakultas Teknik (FT) Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) ke lokasi di Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan sebagai penerima Pendanaan Program PkM Tahap (batch) Ke-2 Tahun Anggaran 2024 dari Direktorat Riset, Teknologi.

Dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) dengan melakukan sosialiasi Aplikasi Bank Sampah Digital yang disebut dengan E-Bas bagi Pengurus BSU Rw02 Berkah Sejahtera serta seluruh nasabah termasuk undangan nasabah dari luar dilingkungan sekitar BSU Rw02 Berkah Sejahtera yang jumlahnya dibatasi agar sosialisasi ini dapat diserap oleh semua peserta.

" Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu perwakilan dari Pemdes Bapak H. Asep Ruhendi, A.Md yang dberikan kesempatan untuk menyampaikan guna menanggapi akan acara sosialisasi Aplikasi Bank Sampah Digital (E-Bas) yang ternyata disambut sangat antusias oleh warga dan juga nasabah bank sampah Rw02 Berkah Sejahtera sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam program bank sampah dengan model pengelolaan bank sampah berbasis teknologi, serta pula tidak kalah pentingnya akan perkembangan budaya menabung sampah.

Beliau mengatakan kedepannya diharapkan adanya kerjasama (MoU) antara Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) melalui Tim FT USNI untuk dapat membangun dan mengembangkan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di lingkungan Desa Rawa Panjang Bojong Gede, Kabupaten Bogor dengan membuatkan inovasi aplikasi lainnya berbasis digital.

Pada acara sosialisasi ini, seluruh Tim PkM FT USNI turut mengisi acara yang diantaranya Dr.Prionggo Hendradi, MMSI (Ketua) memberikan sambutan awal dengan menekankan bahwa dengan memanfaatkan aplikasi E-Bas yang merupakan digitalisasi bank sampah untuk pengurus bank sampah Rw 02 dapat mewujudkan harapan Desa rawa Panjang Bojong Gede, Dr. Yusriani Sapta Dewi, M.Si (Anggota) memberikan seminar tentang lingkungan guna mengedukasi akan kesadaran Lingkungan Masyarakat, dan Wawan Kurniawan, S.Kom., M.Kom. (Anggota) memberikan sosialisasi tentang aplikasi bank sampah digital yang bernama E-Bas.

Sedangkan Technical support dibantu oleh dua (2) orang Surveyor dari Tim yaitu Kiki Kusumawati, ST., MMSI dan Ir. Nurhayati, M.Si serta persiapan teknis lapangan diperbantukan lagi oleh tujuh (7) mahasiswa yang terdiri dari tiga prodi (Teknik Informatika-TI, Sistem Informasi-SI dan Teknik Lingkungan-TL) yang ada di FT sebagai panitia (berseragam almamater USNI).

Para peserta sosialisasi berkesempatan untuk bertanya tentang seminar dan juga sosialisasi aplikasi digital E-Bas terutama berkaitan dengan implementasi aplikasi digital bank sampah yang akan digunakan oleh pengurus BSU Rw 02 Berkah Sejahtera seperti jaringan, user dan password serta pencairan dana sampah yang selama ini tidak bisa diketahui secara realtime. 

Diakhir sosialisasi aplikasi, telah disepakatinya akan adanya Admin serta Kasir yang ditunjuk oleh ketua pengurus BSU (Ibu Halimah) dengan menunjuk dua (2) orang pengurusnya sehingga selanjutnya kedua orang tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara penuh dan diketahui oleh seluruh pengurus dan juga nasabah dari BSU Rw02 Berkah Sejahtera.  

Hasil sosialiasi aplikasi ini memperlihatkan bahwa Sistem Informasi Tata Kelola Bank Sampah Berbasis Web yang telah didemokan telah mencapai Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) 8, dimana sistem sudah diimplementasikan secara penuh di lapangan dan berjalan dengan stabil dalam operasional dengan telah dicobanya aplikasi E-Bas tersebut selama 2 minggu (setengah bulan).

Selama berlangsungnya acara sosialisasi, kami Tim FT USNI melalui Kiki Kusumawati, ST., MMSI dan Ir. Nurhayati, M.Si membantu melakukan koneksi dengan internet dengan menjalankan koneksi zoom melalui aplikasi Google Meet (https://meet.google.com/xyo-urca-zps) di laptop atau HP kepada semua peserta nasabah yang tidak bisa hadir termasuk dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) USNI melalui perwakilannya, reviewer pertama Dr. Tata Sutabri, MMSI, MKM dan reviewer kedua Dr. Nita Merlina, M.Kom.  

Dengan demikian baik reviewer maupun LPPM USNI dapat melakukan penilaian dan evaluasi (Monev) di acara tersebut secara langsung tanpa harus hadir dikarenakan berhalangan.

Diakhir acara sosialisasi, Tim PkM FT USNI memberikan kenang-kenangan kepada seluruh peserta termasuk nasabah berupa sertifikat sosialisasi dan juga peralatan pendukung pengoperasian (pengelolaan) pengepulan sampah di BSU Rw02 Berkah Sejahtera berupa alat timbangan, tenda, kontainer, external harddisk, seminar kit yang berisi buku panduan beserta CD (terdapat software manual book + aplikasi E-Bas) dari DRTPM, agar tiap kali terjadinya pelaksanaan pengepulan sampah dilokasi di Desa Rawa Panjang Bojong Gede Bogor akan menjadi lebih cepat, lebih nyaman dan lebih rapih. Ujarnya.

Sedangkan untuk aplikasi E-Bas itu sendiri telah dilengkapi dengan domain dan hosting yang dapat digunakan selama satu tahun oleh pengurus dan nasabah BSU Rw02 Desa Rawa Panjang.  Selanjutnya tim akan memberikan maintenance selama satu bulan kepada pengurus BSU Rw02 yang ditunjuk guna mengawal jalannya aplikasi bank sampah digital E-Bas sehingga mendapatkan hasil yang maksimal (efektif dan efisien).
Pungkasnya 


( Tim Redaksi )
×
Berita Terbaru Update